Selasa, 12 Mei 2015

DESA WISATA CILEMBER / BELAJAR SAMBIL BERMAIN

WISATA ALAM PEDESAAN PUNCAK



Kawasan wisata Puncak Cisarua BOGOR kini semakin menyajikan berbagai kegiatan yang menarik. Tempat yang sering digunakan untuk kegiatan makrab (malam keakraban) mahasiswa/kelompok organisasi, dan juga surga bagi pecinta alam maupun fotografer ini kini menyajikan satu kegiatan lagi yang sangat menarik. Khususnya bagi mereka yang sudah jarang tinggal dan merasakan hidup di suasana pedesaan. Apakah itu???? Hmmm…. Namanya “program live in”. apa sih live in?
Live in merupakan kegiatan tinggal dan hidup didesa bersama masyarakat pedesaan, mengikuti segala aktivitas induk semang (orang tua baru) mereka. Kalo di televisi seperti acara “Jika aku menjadi” nah… pada tau kan??? Hanya ada sedikit perbedaan di jenis kegiatan dan lama tinggalnya. Pada program live in khususnya yang ada di Kawasan Puncak Cisarua-Bogor tepatnya di Kp. SELA Desa Jogjogan Kecamata Cisarua ini dikemas dengan berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan dalam waktu 3 hari-7 hari, lebih lamapun bisa karena banyak kegiatan yang ditawarkan dikawasan tersebut. Nah selama waktu tersebut wisatawan/pengunjung dapat full melakukan kegiatan atraksi pedesaan maupun petualangan sesuai program yang telah kami kemas kemudian ditawarkan kepada peserta untuk bisa disesuaikan dan disepakati.








Biasanya program seperti ini diminati dan diikuti oleh sekolah-sekolah favorit yang memang sudah ada agenda buat kegiatan program mengenal dan belajar hidup dipedesaan yang masih asri dan memiliki nilai budaya luhur yang masih kental. Kegiatannya macam-macam dari belajar bercocok tanam (bersawah/padi, kakao, jagung,dll), belajar beternak, belajar tatakrama dan budi pekerti (langsung praktek dimasyarakat), dan masih banyak lagi kegiatan belajar yang dapat dilakukan….










Selain itu lingkungan masyarakat yang kondusif, masih kental dengan gotong-royong dan ramah tamah menjadikan suasana belajar dipedesaan semakin asri. Terdapat 85 home stay yang sederhana tempat dimana siswa/pengunjung menempati rumah barunya selama mengikuti program live in. Selain itu yang menjadi keunikan tersendiri adalah Desa wisata ini dikelola dan dimotori oleh anak-anak muda “Karang taruna Kp. SELA” yang juga mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat dan dinas terkait. Lain dari pada yang lain kan??? Biasanya desa wisata ketemunya sama bapak-bapak dan Abah-abah, nah ini ketemu sama akang-akang dan teteh he he he…., walau nanti pada akhirnya juga dirumah warga akan ketemu dengan bapak-bapak dan Aki-aki juga. He he he….






Mengunjungi Kantor Kepala desa JOGJOGAN





Program live in di Kawasan Puncak Cisarua-Bogor ini baru selesai dilaksanakan di Kp. SELA Desa Jogjogan - Cisarua- Bogor dengan jumlah peserta 357 beserta guru pembimbing dari sekolah SMA NEGERI 14 TANGERANG pada tanggal 20 Februari s/d 22 Februari 2012.

Semoga dengan adanya program live in ini memberikan dampak positif bagi masyarakat maupun bagi siswa yang mengikuti. Siswa yang dapat melakukan kegiatan dikawasan Kp. SeLA bisa dari SD,SLTP,SLTA,Mahasiswa dan pengunjung umum pun bisa….
Harapan kami manfaat yang dapat dipetik oleh kami pengelola dan masyarakat mendapatkan ilmu dan pengalaman dari pengunjung, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena memiliki income dari pengelolaan kegiatan ini. Manfaat bagi peserta live in semoga dapat belajar memaknai tatacara hidup bermasyarakat di pedesaan, merasakan kekeluargaan dan keharmonisan kebersamaan, dan menghargai perjuangan para orang tua yang telah menyediakan segala fasilitas bagi mereka. Yang terutama adalah mendapatkan suasana baru yang belum pernah mereka rasakan dan mendapatkan pelajaran untuk bisa mandiri, bertanggungjawab dan menghormati kepada teman/orang lain.
Jenuh hidup dikota, ingin belajar didesa dan tentang pedesaan, serta lupakan kesibukan bekerja anda sejenak dengan mengunjungi dan mengikuti kegiatan dikawasan Kp. SELA Desa Jogjogan Cisarua-bogor bersama “DELTA OUTBOUND PROVIDER”.

"Melalui kebersamaan dan keakraban yang di desain khusus dalam OUTING program ini, peserta akan mengalami terobosan baru untuk meningkatkan potensi diri dalam edukasi dan membangun hubungan harmonis antara sesama di lingkungan masing-masing sehingga akan terbentuk jiwa yang mandiri,antusias ,kompak dan produktif".
‘’Semangat dan sukses’’

0 komentar:

Posting Komentar

Reservasi

Reservasi

Popular Posts